Sabtu, 14 Agustus 2010

Manfaat Buah Pepaya


Makan buah-buahan merupakan salah satu kebiasaan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari konsumsi buah-buahan setiap harinya. Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi adalah buah Pepaya. Buah Pepaya adalah buah yang sangat populer, dan banyak orang mengkonsumsi karena rasa yang unik. Meskipun sangat populer, banyak yang belum mengetahui apa manfaat buah pepaya ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diambil ketika mengkonsumsi buah pepaya.
Kaya akan Antioksidan
Pepaya adalah buah yang memiliki kandungan tinggi antioksidan. Ini termasuk vitamin C, flavonoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat dan vitamin B. Antioksidan memerangi radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.
Mencegah Penyakit Jantung
Karena pepaya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, buah pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati. kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah Pepaya secara teratur. Selain itu salah buah pepaya juga sarat akan serat yang kemudian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam hati. Asam folat yang ditemukan dalam pepaya menghilangkan zat-zat berbahaya yang dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Salah satu manfaat buah pepaya lainnya yaitu sebagai pencegahan penyakit jantung diabetes.
Memperkuat sistem kekebalan
Buah pepaya mengandung banyak sekali vitamin A dan vitamin B yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan. Dengan mengkonsumsi Buah pepaya diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit yang terjadi sebagai hasil menurunkan kekebalan, seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.
Mengurangi peradangan
Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang dapat mengurangu peradangan sehingga membantu tubuh dalam penyembuhan luka bakar dan luka lainnya. Beberapa penyakit tertentu menjadi lebih buruk ketika tubuh meradang. Karena itu disarankan bahwa orang-orang yang menderita kondisi ini harus mengkonsumsi buah pepaya untuk mendapatkan manfaat buah pepaya.
Mencegah kanker
Manfaat buah pepaya yang tidak kalah pentingnya adalah berperan dalam mencegah kanker usus besar. Ini tidak lepas karena banyaknya kandungan serat. Serat ini juga sangat berguna bagi mereka yang kesulitan buang air besar.
Menjaga kesehatan paru-paru
Vitamin A yang hadir dalam buah pepaya, sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Termasuk pepaya dalam makanan mereka, akan mengurangi kemungkinan mereka tertular penyakit yang muncul sebagai hasil dari paru-paru yang lemah, seperti bronkitis, kanker dll ini.
Nah, setelah mengetahui manfaat dan kandungan buah pepaya masihkah Anda ragu untuk mengkonsumsi buah pepaya?
Sumber: http://bos-sulap.blogspot.com/2010/05/manfaat-konsumsi-buah-pepaya.html

Tidak ada komentar: