Rabu, 28 Juli 2010

CIRI-CIRI PSIKOPAT

KITA tidak pernah tahu siapa orang terdekat kita sesungguhnya. Bahkan kita juga tidak pernah tahu keadaan seseorang jika hanya melihat dari sisi luar saja. Inilah hal yang harus dipelajari dalam mengenal seorang psikopat. Tentunya untuk menghindari diri kita agar tidak terjerumus dari jeratan si psikopat.

Dalam buku The Mask of Sanity, Dr Hervey Cleckley menggambarkan psikopat sebagai pribadi yang likeable (mudah bergaul), charming (menawan), intelek, perhatian, impresif, punya pede tinggi, dan pintar merayu (karena itu mereka mudah “menipu” perempuan). Umumnya, mereka juga cerdas secara akademik.

Tapi, di balik itu semua, mereka membawa sifat negatif, seperti tidak bertanggung jawab, serta merusak diri sendiri dan orang lain.

Dan, yang paling penting untuk diketahui adalah para psikopat umumnya tidak pernah merasa menyesal, meski telah menyakiti orang lain. Bila belangnya ketahuan, wajahnya akan tetap seperti orang yang tak berdosa, dengan kata lain ia tidak akan pernah merasa bersalah dan tidak akan pernah berubah meski ia bersumpah untuk berubah.

Psikopat tingkat akut, atau level paling parah, justru akan memutarbalikkan fakta yang ada dan mengumbar cerita seolah-olah dirinyalah yang menjadi korban. Biasanya orang akan mempercayai kata-katanya, ya, karena itu tadi, seorang psikopat sangat pandai merayu.

Robert D. Hare, seorang profesor di Jurusan Psikologi, Universitas British Columnia, Kanada juga memaparkan ciri-ciri senada tentang karakter seorang psikopat. Menurutnya, ciri-ciri personal/emosional psikopat adalah:

Glibness - Melakukan tindakan-tindakan tanpa pikir panjang

Grandiosity - Terobsesi akan hal-hal yang besar

Lack of guilt - Tidak punya rasa sesal

Sering berbohong, fasih dan dangkal

Egosentris dan menganggap dirinya hebat

Teguh dalam bertindak agresif

Shallow emotion - emosi yang dangkal, mudah marah



Sedangkan ciri-ciri penyimpangan sosial psikopat adalah:

Impulsiveness - Impulsif dan sulit mengendalikan diri, bertindak berdasarkan gangguan dan bukan pikiran

Lack of responsibility - Tak bertanggung jawab

Antisocial behaviour - perilaku-perilaku antisosial

Source: Robert D Hare, “Without Conscience: The Disturbing World of the Psychopaths Among Us”, dikutip dari Metro Hari Ini, Metro TV, 29 Juli 2008. http://sarie-novian.blog.friendster.com/2008/08/inilah-ciri-ciri-psikopat/

Tidak ada komentar: