Selasa, 17 Januari 2012

Hyperbaric Oxygen Therapy


TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK

Terapi oksigen hiperbarik adalah terapi menggunakan oksigen murni sebagai media nafas yang diberikan di dalam ruang udara bertekanan tinggi (hyperbaric chamber), semula terapi ini dikhususkan untuk penyelam yang mengalami kelainan atau penyakit akibat penyelaman. Tapi kemudian dikembangkan untuk terapi penyakit klinis serta dapat meningkatkan kebugaran.



MANFAAT TERAPI HBO
KELAINAN / PENYAKIT PENYELAMAN
Terapi HBO merupakan terapi untuk kelainan atau penyakit akibat penyelaman seperti penyakit dekompresi, emboli gas dan keracunan gas.

LUKA BAKAR
Pemberian terapi HBO sebagai terapi tambahan pada penderita luka baker dapat diberikan pada 24 jam pertama untuk mencegah perluasan luka baker, sedangkan pemberian pada hari berikutnya bermanfaat untuk menurunkan resiko infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

LUKA PENDERITA KENCING MANIS
Luka pada penderita kencing manis merupakan salah satu komplikasi yang paling ditakuti karena sulit disembuhkan. Paling sering terjadi di kaki dan disebabkan oleh bakteri anaerob. Pemberian terapi HBO dapat mematikan bakteri tersebut dan mempercepat penyembuhan luka.

LUKA PASCA OPERASI
Terapi HBO dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi.
Penyembuhan telapak tangan yang terputus setelah operasi penyambungan
Penyembuhan ujung amputasi kaki pada penderita DM.

KEBUGARAN DAN KECANTIKAN
Pemberian terapi HBO dapat meningkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh, menghilangkan kelelahan serta dapat meningkatkan elastisitas kulit dan peremajaan sel-sel tubuh.

LAIN – LAIN
Terapi HBO juga berguna untuk :
  1. Diabetes Melitus / Kencing Manis
  2. Keracunan gas CO
  3. Rehabilitasi pasca stroke
  4. Penyakit jantung koroner
  5. Osteomyelitis
  6. Ujung amputasi yang tidak sembuh
  7. Alergi (Rhinitis, Asma)
  8. Luka baker
  9. Cangkokan kulit
  10. Radionekrosis
  11. Meningkatkan mobilitas sperma pada kasus infertilitas
  12. Mengatasi rambut rontok atau botak
  13. Mencegah ubanan dini
  14. Meningkatkan IQ
  15. Meningkatkan libido pada kaum lansia
  16. dll

PROSES TERAPI
Proses terapi HBO tergolong sederhana. Diawali dengan konsultasi dokter dan pemeriksaan fisik untuk menentukan ada tidaknya kontraindikasi mengikuti terapi HBO. Selanjutnya pasien masuk ke dalam chamber hiperbarik untuk menghirup oksigen murni. Selama mengikuti terapi, pasien akan didampingi oleh perawat yang berpengalaman dibawah pengawasan dokter ahli.

SEHAT – BUGAR DAN CANTIK DENGAN HBO
PENDAHULUAN
Pada saat ini, terutama di daerah perkotaan, kemujuan dibidang industri dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun mengakibatkan peningkatan polusi udara.

Demikian pula kebiasaaan tinggal di ruangan ber AC yang disertai dengan berbagai macam asap rokok, akan membuat udara pernafasan semakin tercemar. “Suka atau tidak suka” udara pernafasan yang kita hirup adalah udara pernafasan yang sangat tidak sehat, baik ketika kita berada di dalam maupun di luar ruangan.
Menurut data WHO, Indonesia merupakan negara berpolusi tertinggi ketiga di dunia setelah Mexico dan Thailand. Sehingga, saat in ipenyakit paru dan saluran pernafasan di Indonesia sudah menjadi pembunuh utama (Jakarta Post) setelah penyakit jantung pada tahun 1997.

Oksigen mutlak dibutuhkan setiap saat selama manusia hidup, sehingga terapi oksigen (HBO) bukan hanya dibutuhkan saat mengalami sesak nafas saja, tapi juga pada saat ‘tanpa keluhan kesehatan’. Pemberian oksigen yang cukup akan memperkecil angka kesakitan dan kematian akibat berbagai penyakit.
Hyperbaric Oxygen therapy (HBO) adalah terapi dengan memberikan oksigen 100% saat bernafas pada tekanan lebih dari satu atmosfir melalui media ruang udara bertekanan tinggi (RUBT). Terapi ini juga merupakan satu-satunya metode terapi oksigen yang paling ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah pula karena didukung oleh bukti-bukti dari hasil penelitian, serta selama proses terapi selalu dipantau oleh dokter ahli hiperbarik.

PROSES TERAPI
Proses terapi HBO tergolong sederhana. Diawali dengan konsultasi dan pemeriksaan dokter untuk menentukan ada tidaknya kontra indikasi mengikuti terapi HBO. Selanjutnya pasien masuk ke dalam chamber hiperbarik untuk menghirup oksigen murni.

Selama mengikuti terapi, pasien akan didampingi oleh perawat yang berpengalaman di bawah pengawasan dokter ahli hiperbarik. Peserta dapat melaksanakan senam dan bergoyang mengikuti alunan musik yang diputar oleh operator.

MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK
KEBUGARAN
Pria maupun wanita sehat, ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh, sehingga diperoleh kapasitas kerja dan kualitas hidup yang optimal. Segala kelelahan fisik denga cepat teratasi.

KECANTIKAN
Wanita muda usia di bawah 40 tahun, ditujukan untuk meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan dan melembabkan kulit serta peremajaan sel-sel tubuh. Dengan oksigenasi yang baik sel-sel kulit yang tua dengan cepat diganti dan diremajakan

GERIATRIK DAN MUDAH LUPA
Orang sehat, muda maupun tua yang sudah mengalami proses menua/pikun (demensia dan Alzheimer), gejala-gejala tersebut dapat teratasi dengan terapi HBO.

Tidak ada komentar: