Senin, 02 Januari 2012

Setelah Lulus Kuliah Part III (KIPPI)


Setelah memutuskan meninggalkan RSB Dika dan RSU Haji untuk mengikuti pelatihan Kursus Intensive Penyiapan Perawat International alias KIPPI alias Intensive Course Preparing International Nurses atw ICPIN in July 2007. Kebayang salary-nya yg banyak sampe pangkat pengatur  gol. II/d saja ga bisa dapet, jauuhhhhh...mesti kerja setahun. Kalo disana pasti cuma sebulan,  salary-nya melebihi  salary supervisor PT. Inco Tbk. betapa makmur dan sejahteranya....

Test tulis aku ikuti, alhamdulillah lulus, setelah itu ada tes interview lagi dalam Bhs. Inggris, ribettt ga tw mw ngomong apa kalo ditanya! ckckckck. Tapi Alhamdulillah semua berlalu, lulus juga.....Aku disini tidak sendiri, ada 5 orang angkatanku di Akper Anging Mammiri alias letting2ku (kata org Makassar yg artinya seangkatan). Aku sendiri, Madia Gaddafi (Dyah), Muh. Anwar Iskandar (Anho'), Gustina Ardiana (Tina), Salman Al-Farizy (Curu') dan Yustina Pamalingan (k' Yustin).

Kami tinggal di asrama tepatnya di LPMP Jl. AP.Pettarani. Dimulai dengan seragam yg kami gunakan baju putih dan celana atw rok warna hitam ditambah dasi (mirip banget mahasiswa yg mw ujian skripsi). Yup, aku sekamar dengan Dyah. Our activity everyday sarapan, after that go to ELC to study about English yg tempatnya Jl. Lamadukelleng, sampingnya RM. Dinar. Jam 08.00 teng sudah harus ada di bis (kami diantar jemput selama mengikuti kursus), kalo telat, ya resiko, mesti naik angkot atw taksi aja kesana. Kalopun bis bersedia nunggu, liat aja muka temen2 dongkolnya minta ampun, katanya gini "lo yg telat jadinya semua telat!", hahahaha....say maaf aja, "iya, lain kali ga lagi!".



Nyampe di ELC jam 08.30, kelas mulai jam 08.30 sampe jam 20.30 malam. Coffe break jam 10.00 dan jam 16.00, ISHOMA jam 12.00 dan jam 18.00. cape' banget....belum lagi aturan2 yg dibuat di kelas, ngomong ga pake Bhs. Inggris dapet denda apalagi kalo menghina alias insulting bisa bangkrut kita, soalnya dendanya 10.000 rupiah.Maklum, di kelas waktu itu ada teman yg belum lancar Bhs. Inggrisnya trus karena usilnya teman yg lain, menghina2 pake Bhs. Inggris, dan kalo yg dihina atw yg diejek keberatan, siap2 aja merogoh kocek, hhhhmmmmm. Kelas dibagi 2, tiap kelas 15 orang karena jumlah kami ada 30 orang dari berbagai institusi kesehatan di Pulau Sulawesi ini. Kelas berakhir jam 20.30. Pulang dari situ cape banget, belum lagi kalo dapet PR, atw mw ketemuan ma pacar, udah tengah malem. Di ELC juga aku ikut test TOEFL atw Test of English as a Foreign Language adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yg diperlukan untuk mendaftar masuk universitas di LN. Skornya waktu itu hanya >400, blom nyampe 500 tapi lumayan, aku dah dapet pengalaman ngerjain soal2 TOEFL.

Setelah 1,5 bulan di ELC, kami pindah ke Akper Tidung untuk belajar sesuai dengan bidang kami, keperawatan. tetep pake Bhs. Inggris tentunya, aku kira disini bisa lebih nyantai ternyata ga, dateng jam 08.00-21.30. Kelasnya tutor, dibagiin kasus, trus cari sendiri jawabannya di perpustakaan, sampe2 buku Fundamental Of Nursing versi Inggris kami buka demi ngedapetin jawaban kasus. Kenapa ga pake versi Indonesia? siapa sih yg mw kerja dua kali?? mesti ngetranslate lagi, ribettt. After that panel....ohhhh...belum kalo diserang dengan pertanyaan2 yg membuat pemateri pusing 7 keliling, hahahaha....tapi alhamdulillah semuanya terlalui. Disini kami juga latihan ngerjain soal2 NCLEX dimana semacam tes kompetensi bagi perawat yang ingin mendapatkan lisensi profesional keperawatan. NCLEX test ini dikeluarin oleh NCSBN (semacam PPNI-nya Amrik).

3 bulan telah berlalu, kursus selesai, selanjutnya.....ke LN. Tetapi tidak semua berangkat karena sesuatu dan lain hal seperti aku yg lulus CPNS di lingkup KEMENKES. Tetapi tidak sedikit juga teman2 alumni KIPPI yg sukses disana.

Continue Part IV...........

Tidak ada komentar: